Perbedaan Windows 32 dan 64 bit

Aktvitas keseharian anda sepertinya tidak bisa dihindarkan lagi dari penggunaan komputer. Komputer sendiri memiliki banyak fungsi baik di dunia offline maupun online. Bahkan di dunia yag semakin maju ini, pastinya kita dituntut untuk lebih paham tentang teknologi. Oleh sebab itu pastinya anda harus lebih belajar mengenani komputer dan sistem-sitem yang ada didalamnya. Sistem operasi yang banyak digunakan sebuah komputer adalah ubuntu, linux, dan windows. Namun sepertinya penggunaan windows cukup banyak dikalangan masyarakat kini. Dari kalangan pekerja hingga pelajar biasanya menggunakan sistem operasi windows dari Microsoft. Bagi anda yang menggunakan windows tentunya pernah mendengar sistem 32 bit dengan 64 bit. Lalu apakah itu? Pada dasarnya windows memang dibuat dengan sistem 32 bit dan 64 bit. Kedua hal tersebut tentunya memiliki perbedaan dan fitur-fitur pendamping didalamnya. Sehingga kinerja pun juga pasti akan berbeda. Agar anda dapat mengetahuinya dengan jelas apa saja perbedaan windows 32 bit dengan 64. Berikut penjelasannya dibawah ini.

1. Jumlah RAM yang digunakan

jumlah ram win 32 dan 64

Perbedaan mendasar yang paling banyak diketahui oleh para pengguna adalah jumlah maksimal RAM yang bisa digunakan. Setiap basis sistem memiliki batasan yang berbeda. Untuk Windows berbasis 32 bit memiliki jumlah batasan RAM yang lebih kecil dari pada 64 bit. Windows 32 bit memiliki batas maksimal penggunaan RAM hanya kurang dari 4GB (sekitar 3,2 GB) dan akan bekerja lebih optimal ketika menggunakan RAM 1 atau 2 GB. Sedangkan Windows 64 bit dapat membaca hingga lebih dari 4GB RAM. Jika pada Windows 32 bit dipasangkan RAM sebesar 4GB maka yang akan terbaca hanya hingga 3GB saja. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan arsitektur prosesor antara 32 bit dan 64 bit.

2. Peforma sistem windows

prosesor 32 dan 64 bit

Perbedaan juga dapat anda lihat pada peforma prosesornya. Bila dibandingkan, tentu saja teknologi prosesor 64 bit lebih canggih bila dibandingkan teknologi 32 bit. Windows 32 bit dengan prosesor 32 bit juga memiliki kemampuan dibawah 64 bit. Sehingga kombinasi prosesor dan windows ini hanya mampu untuk melakukan pekerjaan yang ringan ringan saja. Selain itu, prosesor 32 bit tidak dapat digunakan untuk membuka aplikasi yang berat. Sedangkan untuk windows 64 dengan proseso 64 bit sangat tepat bila digunakan untuk mengerjakan pekerjaan berat seperti desain, video, editing dan lain-lainnya.

3. Kemampuan dalam memproses data

Perbedaan lainnya adalah dalam hal peforma komputer itu sendiri. Angka 32 dan 64 yang tertera sebenarnya mewakili jumlah data yang dapat diproses dalam sekali putaran. Untuk windows 32 bit ketika sedang melakukan satu kali proses, data yang dapat dimuat adalah sebesar 32 bit. Sedangkan untuk windows 64 bit akan memproses data sebesar 64 bit lebih cepat dan maksimal dalam satu kali putaran

4.Kompatibilitas Software

dataproses 32 dan 64
Perbedaan yang mencolok lainnya yang cukup berpengaruh adalah kompatibilitas software yang dapat digunakan pada sistem operasi windows.Untuk windows 32 bit, sistem ini tidak dapat menjalankan software 64 bit. Namun sebaliknya,windows 64 bit dapat dengan leluasa untuk menjalankan software 32 bit maupun 64 bit.

Dari perbedaan-perbedaan yang telah disebutkan diatas maka anda dapat melihat berbagai kekurangan dan kelebihan yang dimiliki sistem windows 32 bit maupun sistem windows 64 bit berikut Ulasanya :

Kelebihan dan Kekurangan Windows 32 dan 64 bit

Kelebihan Windows 32 bit :

1.Dapat menjalankan software dan aplikasi lawas dengan basis 16 bit.
2.Lebih kompatibel dengan driver yang lebih lama. Cocok untuk laptop atau komputer lawas.
3.Dapat bekerja dengan optimal meski hanya dengan RAM 2GB

Kekurangan Windows 32 bit :

1.Hanya sedikit software baru yang kompatibel
2.Tidak bisa menggunakan RAM lebih dari 4GB
3.Tidak bisa digunakan untuk software berat seperti After Effects

Kelebihan Windows 64 bit :

1.Lebih cepat dan efisien
2.Mampu membuat kinerja prosesor lebih optimal
3.Dapat menjalankan software 32 bit
4.Cocok untuk menjalankan software terbaru yang mengutamakan grafis

Kekurangan Windows 64 bit :

1.Tidak cocok untuk PC lawas bila digunakan untuk PC lama
    bagi anda yang menggunakan sistem windows ini harus memiliki spesifikasi PC yang tinggi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Manfaat Printer Komputer

11 Software Jaringan Komputer dan Fungsinya

Macam-Macam Kelebihan dan Kekurangan Anti-virus