Kelebihan Dan Kekurangan Windows 8

Sistem Operasi terbaru dari Microsoft yaitu Windows 8 resmi diliris Microsoft Pada tanggal 26 Oktober 2012. Rilisnya Windows 8,disambut dengan hangat oleh pengembang aplikasi "developer". karena meyakini membawa dampak baik dalam hal pengembangan maupun bisnis. Sistem Operasi Microsoft ini diluncurkan dalam 3 versi yaitu Windows 8, Windows 8 Pro dan Windows 8 RT. Suatu sistem operasi tentunya mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan, Saat ini Microsoft telah membuka toko aplikasi online di Windows 8 yang disebut dengan Windows Store. Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah para pengguna untuk mengunduh aplikasi di Windows Store selain itu juga memudahkan para developer untuk mengontrol aplikasi mereka. Dengan Windows 8 pengguna desktop, tablet maupun smartphone akan merasakan hal yang sama. Maksudnya yaitu ketika menggunakan komputer meja maka seolah-olah mengguakan sebuah smartphone atau tablet,

Kelahiran Windows 7 dianggap akan melanjutkan kesuksesan Windows XP, dan memang terbukti, namun dari segi “gebrakan desain”, Windows 7 nampaknya masih melanjutkan konsep antar muka Windows Vista, lain halnya dengan Windows 8, saat pertama kali menggunakannya pada notebook, Saya merasa tidak sedang menggunakan notebook melainkan PC Tablet. Benar – benar sesuatu yang baru dan Saya suka, beberapa hari sejak penggunaan pertama memang agak sedikit “canggung” karena tidak terbiasa dengan antar muka dan desain yang bernuansa sangat baru, Saya bahkan sempat berfikir untuk berganti sistem operasi ke Windows 7 kembali namun setelah beberapa lama dan mulai terbiasa dengan antar muka Windows 8, Saya mulai berfikir kesuksesan Windows XP dan 7 akan dilanjutkan oleh Windows 8 atau 8.1 Berikut ini adalah Kelebihan dan Kekurangan Windows 8:
Hasil gambar untuk windows 8


Kelebihan Windows 8

1. Tampilan Windows 8 Lebih Dinamis
Seperti tablet dan smartphone, komputer yang menggunakan sistem operasi windows 8 juga dilengkapi dengan fitur notifikasi dan juga informasi saat ini, mengenai akun di Internet. Contohnya kotak masuk email.  Selain itu pengguna windows 8 secara otomatis akan terhubung dengan situs penyedia data miliknya Windows (Skydrive).

2. Notifikasi terintegrasi untuk hampir semua akun online
Saat Anda menggunakan sistem operasi Windows 8, Anda dapat mengaktifkan notifikasi untuk berbagai layanan akun online (sebut saja email dan jejaring sosial), Anda akan mendapat notifikasi setiap kali akun email Anda menerima pesan baru atau adanya permintaan teman baru pada akun facebook Anda. (Baca juga : Bahaya Main Game Online di Laptop)

3. Proses booting relatif lebih cepat dari Windows versi sebelumnya
Booting komputer dengan sistem operasi Windows 8 hanya membutuhkan waktu sekitar 5 detik untuk masuk ke desktop, namun tentu saja hal tersebut dipengaruhi oleh banyak hal terutama spesifikasi komputer yang digunakan, namun jika Anda membandingkannya dengan proses booting sistem operasi Windows versi sebelumnya (dengan spesifikasi yang sama), Anda akan menyadari proses booting sistem operasi Windows 8 relatif lebih cepat. 

4. Booting dengan BIOS berbasis UEFI lebih aman dengan teknologi Secure Boot
Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) merupakan antar muka perangkat lunak antara sistem operasi dan firmware suatu flatform (laptop, adalah flatform yang kita bahas), UEFI juga dimaksudkan untuk mengganti antar muka dari firmware Basic Input Output System (BIOS) yang ada pada komputer (PC atau yang kompatibel dengan IBM PC). (Baca juga:  cara melihat spesifikasi komputer, fungsi DOS) UEFI dapat mendukung diagnosa dan perbaikan komputer secara jarak jauh (remote) bahkan jika komputer target tidak memiliki sistem operasi, oleh karena itu komputer dengan BIOS berbasis UEFI rentan terjangkit malware, dengan sistem operasi Windows 8 hal itu dapat diatasi dengan adanya teknologi secure boot.

5. Minimum System Requirement
Sistem operasi generasi baru umumnya membutuhkan perangkat keras yang relatif lebih tinggi, mungkin dulu Anda pernah mengalami saat dimana Windows XP masih sangat populer dan mendominasi, Microsoft merilis Windows Vista dengan system requirement yang sebenarnya tidak terlalu tinggi untuk spesifikasi komputer saat ini, namun lain halnya saat itu, spesifikasi komputer saat itu masih lebih bersahabat dengan Windows XP, oleh karena itu “kesuksesan” Windows XP dianggap melebihi Windows Vista. (Baca juga: fungsi hardisk pada komputer, jenis hardisk pada laptop) Lain halnya dengan sistem operasi Windows 8 saat ini, system requirement – nya bahkan tidak lebih tinggi dari system requirement sistem operasi sebelumnya (Windows 7)

6. Tersedia Windows Store
Seperti halnya Google Play Store, Windows Store menyediakan berbagai perangkat lunak gratis, uji coba dan berbayar yang dapat langsung Anda download dan install pada komputer dengan sistem operasi Windows 8, untuk dapat mengakses Windows Store, Anda diharuskan login menggunakan Microsoft Account (Outlook, Windowslive, Live, Hotmail, dan lain sebagainya). (Baca juga: jaringan peer to peer, jaringan peer to peer) Perangkat lunak yang di download dari Windows Store tidak sama dengan yang biasa Anda download dari situs penyedia perangkat lunak, Anda tidak men – download executable file (*.exe) lalu meng – install nya, melainkan seperti perangkat lunak pada sistem operasi Android, Anda men – download dan meng – install nya via Google Play Store. (Baca juga: manfaat firewall, jenis firewal) Oleh karena itu, Windows 8 mengusung format perangkat lunak yang Saya pikir lebih condong ke web – based (berbasis web) namun dengan modifikasi tertentu, sebut saja salah satu perangkat lunak game maker (pembuat permainan) Construct2 yang dapat digunakan untuk membuat perangkat lunak untuk sistem operasi Windows 8, jika di jalankan di sistem operasi Windows 7, perangkat lunak (game) tersebut akan di jalankan di web browser.

8.Mendukung layar sentuh
Sebenarnya sejak generasi sistem operasi Windows XP, perangkat layar sentuh sudah di dukung dengan sangat baik, namun sistem operasi Windows sebelum adanya Windows 8 lebih di khususkan untuk di pergunakan dengan menggunakan pointer mouse Namun lain halnya dengan sistem operasi Windows 8, misalnya saat Anda memilih perangkat lunak, tampilan start menu akan memenuhi layar monitor sehingga akan lebih mudah dan nyaman saat digunakan pada perangkat dengan layar lebih kecil seperti PC tablet atau notebook.

9. Browser Internet Explorer 10
Di windows 8, tersedia browser Internet Explorer 10 yang lebih baik dan membawa perubahan besar dari versi Internet Explorer yang dulu. Browser Internet Explorer 10 ini sangat ramah digunakan baik digunakan di PC maupun di Tablet.

Kekurangan Windows 8

1. Terdapat Banyak Aplikasi Atau File yang Membutuhkan Jaringan Internet
Untuk Anda yang menggunakan internet dengan paket kuota “super hemat”, tentunya akan berfikir berkali-kali jika ingin menghubungkan laptop dengan sistem operasi Windows 8 ke internet menggunakan paket kuota yang Anda miliki, pasalnya banyak background task yang membutuhkan akses internet seperti update perangkat lunak otomatis (meskipun bisa kita matikan sebagian fiturnya), update sistem operasi otomatis, update berita dan perangkat lunak dari Windows Store Selain itu, sistem operasi Windows 8 menyertakan hasil dari internet dalam hasil pencarian pada start menu nya (padahal kita hanya mencari perangkat lunak yang ter-install pada komputer saja), belum termasuk update antivirus bawaan windows (Windows Defender) yang membutuhkan kuota relatif cukup besar dalam sekali update Sebagai orang yang cukup sering berkecimpung di dunia pengembangan web, mendengar nama web browser built-in pada sistem operasi Windows, Internet Explorer, Saya biasanya langsung under estimate, betapa tidak, sejak Saya menggunakan Windows XP hingga Windows 7 web browser ini hampir sama sekali tidak pernah Saya gunakan. Banyak ketidak-nyamanan yang Saya rasakan saat menggunakan web browser Internet Explorer versi terbaru sekalipun, diantaranya dukungannya terhadap JavaScript dan CSS (Style) yang entah kenapa berbeda dengan web browser lain, maka dari itu Saya selalu menggunakan web browser modern seperti Google Chrome, Safary, Mozilla Firefox dan lainya Itulah beberapa Kelebihan dan Kekurangan Windows 8 yang dapat saya sampaikan, mungkin masih ada kelebihan dan kekurangan windows 8 yang lain yang belum saya sebutkan diatas. Mudah-mudahan artikel diatas bermanfaat.

2. Tidak terdapat Fungsi Start dan Close
Ditampilan muka windows 8 tidak ditemukan tombol start dan Close X. Inilah yang membingungkan para pengguna untuk mengawali pekerjaan dan menutup kekerjaan. Walaupun ada sistem pencarian data, namun keberadaan tombol start merupakan hal yang perlu dan penting agar pengguna lebih mudah untuk mengoperasikan suatu sistem operasi. Jika ingin menutup sebuah aplikasi di windows 8, anda harus mengarahkan panah mouse ke atas aplikasi. Jika sudah muncul tombol tangan, anda  harus mendrag dan program baru akan tertutup.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Manfaat Printer Komputer

11 Software Jaringan Komputer dan Fungsinya

Macam-Macam Kelebihan dan Kekurangan Anti-virus